Gado-Gado Bonbin

Siapa sangka ternyata di daerah Cikini dulu pernah ada kebun binatang pertama di Jakarta. Walaupun sejak tahun 1969 kebun binatang tersebut sudah dipindahkan ke area Ragunan, ada satu objek wisata kuliner yang menjadi saksi sejarah Indonesia yang sampai sekarang masih mendatangkan banyak pengunjung.

Buka di jam 10 pagi setiap harinya, tak jarang sudah banyak kendaraan yang parkir di sekitar jalan Cikini IV. Mereka semua dengan sabar menunggu bukanya kedai gado gado melegenda bernama Gado Gado Bon Bin – yang adalah singkatan dari “Gado Gado Kebon Binatang”.

Saat masuk ke dalam, kedai kecil ini langsung menghadirkan rasa nostalgia yang homey dan nyaman. Perabotnya yang sederhana tertata rapi dengan aksen-aksen jadul yang tersebar di setiap sudut ruangan. Menu andalannya-pun terpampang di tembok, beserta beberapa artikel ulasan yang dipigura, yang menceritakan sepak terjang bisnis keluarga ini.

Mulai berdagang di tahun 1960, Ny. Lanny memperkenalkan gado-gado siram buatannya kepada rakyat Jakarta. Respon yang didapatpun sangat baik, banyak warga Jakarta (bahkan dari luar kota) yang akhirnya menjadikan Gado Gado Bon Bin sebagai pilihan sarapan mereka di pagi hari, dari generasi ke generasi.

Lain dengan gado-gado umumnya, bumbu kacangnya memakai kacang Vietnam yang disangrai dan dibuang kulit arinya – langkah yang dipakai ini memberikan cita rasa yang unik nan halus dan menjadikan sausnya jauh dari bau apek yang biasanya didapat dari kacang tanah biasa.

Sayuran yang dipakai sangat beragam mulai dari buncis, tahu goreng, telur rebus, lontong, tauge, kangkung hingga kacang panjang, dengan kerupuk udang dan emping yang menambah cita rasa dan tekstur yang saling mengkomplimen satu sama lain. Semua sayurannya dibeli langsung setiap subuh dan dimasak dalam batch kecil untuk menjaga kesegarannya. Setelah dikukus sampai tingkat kematangan yang pas, sayuran tersebut disusun di atas piring dan disiram dengan saus kacang andalan.  

Sungguh spesial perhatian dan kasih sayang yang disalurkan oleh Ny. Lanny di setiap piring yang ia sajikan. Tak heran jika rasa dari gado gado ini terus konsisten sampai sekarang, dan orang-orang pun terus berdatangan untuk menikmatinya. Ini adalah bentuk sejarah kuliner Indonesia yang patut terus dilestarikan!

Alamat dan jam buka

Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Setiap hari
10.00 - 17.00

By |2019-03-03T21:41:46+00:00January 16th, 2019|Streetfood|0 Comments

About the Author: