Sate Blora Tempelan

Sate ayam di ibukota sudah sangat menjamur, dan hampir semuanya merupakan sate ayam asal Madura, Jawa Timur. Yang perlahan proteinnya mulai berevolusi menggunakan daging kambing, telur ayam, sampai kulit ayam. Bumbu yang digunakan pun didominasi kacang halus yang diulek bersama asam jawa dan rempah lainnya. Pedagang sate ayam Madura ini sudah sedemikian banyaknya di Jakarta, dari yang skala sederhana, hingga yang berhasil angkat nama.

Namun tak banyak yang tahu bahwa di Indonesia ternyata masih banyak tipe sate yang tak kalah lezat, sebut saja misalnya Sate Padang, Sate Maranggi, dan yang ingin tim Seia Serasa bahas sekarang ialah Sate Blora. Blora ialah sebuah nama daerah kabupaten di Jawa Tengah yang dekat dengan Kudus dan Semarang. Mengikuti profil rasa di wilayahnya yang cenderung manis dan gurih, Sate Blora ini juga didominasi rasa gurih, manis, dan tebal rasa asap berkat dibakar di atas arang.

Bumbu yang digunakan untuk rendaman pun unik karena menggunakan bumbu halus yang yang masih tertinggal di dagingnya. Rasanya pun khas rempah, yang meninggalkan rasa sedap di lidah dan tentunya menbuat kita ingin terus menyantap. Warung Sate Blora yang kami cicipi berlokasi di daerah Puri Kembangan, tepatnya di belakang gedung Kawan Lama dan dikelola oleh Pak Mulyanto, warga asli kecamatan Tempelan di Blora.

Daging yang dijual Pak Mulyanto pun ada 3 jenis, Sate Ayam tanpa lemak, Sate Kambing, dan Sate Sapi. Ketiga disajikan bersama bumbu kacang dengan tekstur halus dan rasa gurih namun subtle. Yang lebih unik, Sate Blora sering disajikan bersama kuah santan kuning yang berfungsi sebagai pendamping, rasanya sendiri segar dan memiliki kedalaman karena menggunakan berbagai rempah dan santan. Untuk menyantap Sate Blora ini Anda cukup mengeluarkan uang sekitar 25rb - 30rb saja.

Alamat dan jam buka

Jl. Kembang Kerep No.35, RT.6/RW.2, Kembangan Sel., Kembangan, Jakarta Barat

Setiap hari
09.00 - 22.00

By |2019-03-12T13:05:42+00:00March 12th, 2019|Streetfood|0 Comments

About the Author: