Sop Ayam Pak Min Klaten

Terkadang makanan sederhana memang selalu menjadi pilihan. Bahan dasar terbaik, dipadukan dengan teknik memasak tradisional adalah perpaduan yang digemari banyak orang. Kali ini tim Seia Serasa mendatangi salah satu cabang Sop Ayam Pak Miin Klaten yang menyajikan sop ayam hangat yang pastinya cocok untuk dinikmati di musim penghujan seperti sekarang.

Sesuai dengan namanya, Alm. Pak Miin mengawali bisnis sop ayamnya di Klaten yang merupakan kampung halaman beliau. Di balik tirai hijau tokonya, terpajang piring-piring yang memuat berbagai macam potongan ayam. Setelah tamu memilih mangkuk berisi potongan ayam yang mereka inginkan, mangkuk tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu hangat, tak lupa disajikan beserta nasi sebagai pelengkap.

Kuah kaldunya keruh dan tampak penuh dengan saripati ayam yang didapat langsung dari hasil rebusan ayam selama 2 jam. Ayam yang direbus untuk mendapatkan kaldu tersebut lalu dipotong-potong dan disajikan ke dalam mangkuk yang tersedia. Yang menarik, kedai ini memakai hampir semua bagian ayam dalam menu mereka. Bagi pemula, potongan dada dan paha ayam bisa menjadi pilihan yang aman dan lezat. Jika tertantang, boleh juga dicoba potongan brutu dan kepala ayamnya – memang terdengar aneh, tapi ternyata banyak peminatnya juga, loh!

Lalu apa yang membuat kedai Sop Ayam Pak Miin ini beda dari sop ayam lainnya?
Selain kuahnya yang legit dan wangi karena memakai campuran bumbu dan rempah rahasia dari resep turun temurun, ayam yang dipakai juga berbeda. Jika kedai lain lazimnya memakai jenis ayam potong untuk memasak, kedai ini memilih untuk memakai ayam petelur sebagai pilihan bahan dasarnya. Ayam potong memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan mudah hancur ketika dimasak dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan ayam petelur memiliki tekstur daging yang lebih kencang dan tidak mudah hancur ataupun rontok – pastinya lebih cocok untuk digunakan dalam pembuatan sop yang memakan waktu lama untuk pengekstraksian saripati ayamnya.

Berlokasi di pinggir jalan raya Kuningan, kedai ini buka dari jam 10.00 pagi hingga 21.00 malam. Jadi bagi yang sedang sakit dan memerlukan makanan nikmat yang juga menyehatkan, jangan ragu untuk mencoba Sop Ayam Pak Miin, ya!

Alamat dan jam buka

Jl. Prof. DR. Satrio No.10, RT.17/RW.7, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan

Setiap hari
10.00 - 21.00

By |2019-03-12T13:06:10+00:00March 12th, 2019|Streetfood|0 Comments

About the Author: